List Packing Mahasiswa untuk Studi ke Belanda!

Hoyyyyy semuanya!

I have safely landed in the land of giants! Wohooo! Aku sudah sampai di Belanda dari tanggal 11 Agustus kemarin, dan sudah merasakan 3 minggu menjadi 'warga' kota Groningen.

Nah, pada post ini aku mau membantu teman-teman semua, khususnya yang mau pergi sekolah ke Belanda (atau ke negara 4 musim manapun), untuk membuat packing list. Ini penting loh! Rata-rata maskapai itu hanya memberi allowance 30kg bagasi. Beberapa memberikan keuntungan 40kg bagasi untuk pelajar, tapi karena gak semua tahu, maka anggap saja kalian cuma punya 30kg batas maksimal berat koper. Nah kenyataannya, beberapa orang tuh bawaannya kaya mau pindahan, a.k.a semua dibawa. Plis guys, di negara tujuanmu juga ada toko kok....
Gak usah jauh-jauh, temenku ada yang over-baggage karena bawa banyak hal gak perlu.

Oleh karena itu, aku rasa ini sangat penting untuk kamu yang mau lanjut studi ke luar negeri, jadi mohon disimak ya!


Clothing


Untuk baju, ingat bahwa Belanda dan negara Eropa lainnya adalah negara 4 musim. Belanda, khususnya, punya cuaca yang cukup sering gerimis dan berangin, tapi sering juga cerah. Untuk baju, kamu perlu banget bawa:
  1. Set daleman untuk 1-2 minggu. Berarti 7-14 set ya. Anggap aja kamu ga akan beli daleman di Belanda.
  2. Blouse/kemeja/kaos 5 potong. (Yang cewe, di Belanda bajunya bagus dan gak kalah, gausah bawa terlalu banyak dari Indonesia karena nanti pun pasti kalian beli baju di Belanda, dijamin)
  3. Celana jeans/celana pergi/rok pergi 2
  4. Jaket musim panas 1 buah. Yang bisa nahan angin dan kalau bisa sih waterproof ya. Kalau gak waterproof, mending bawa tambahan semacam jas ujan sepeda gitu dari Indonesia. Percayalah, akan handy.
  5. Sweater 2 buah
  6. Kaus kaki biasa 3 pasang
  7. Kaus kaki wol 2 pasang
  8. Long john untuk winter 2 pasang (Ini berguna banget, jadi bawa dari Indo aja aku rasa)
  9. Satu pasang pakaian formal. Untuk yang cewe, bawa blazer dan rok formal ya untuk acara-acara formal khusus/dress
  10. Batik. Super penting untuk acara Indonesia.
  11. Buat yang berkerudung, selain kerudung biasa, bawa juga kerudung instan ya!
  12. Night-out outfit, buat yang doyan pergi malam. Ini salah satu kultur mahasiswa di luar negeri sih, yaitu suka banget bikin party. Yang doyan, monggo bawa aja pakaiannya.
  13. Sepatu sneakers 1 pasang. Sneakers itu sangat multifungsi deh, dan untuk udara Belanda yang cenderung dingin, membantu banget karena kaki kita fully covered. Kayanya flatshoes gak begitu berguna. Again, buat yang cewe gausah bawa sepatu banyak karena disini pasti pengen beli.
  14. Sepatu formal 1 pasang

Beberapa hal juga ada yang sebenernya gak begitu mendesak, tapi kalau ada ruang di koper, boleh juga dibawa dari Indonesia:

  1. Syal 1 buah. Kalian cuma akan perlu 1 buah syal (kecuali yang doyan gaya aneh-aneh). Jadi bawa dari Indonesia juga gak masalah
  2. Sarung tangan musim dingin 1 buah, alasan seperti nomor 1
  3. Kaos. Hmmm ini tricky sih karena sebenernya kaos itu kan biasanya tipis, sedangkan di Belanda, khususnya Groningen, masa-masa 'panas' dan 'pantes pake kaos'-nya cuma sebentar. Bisa sih kaos dipake untuk didobel sama long john dan sweater. Well, up to you.

Nah, yang diatas itu yang essensial dan somewhat bisa dimasukin kalau ada ruang ya. Yang sering dibawa sama orang Indonesia padahal gak perlu-perlu amat:
  1. Coat/jaket musim dingin. Gausah bawa, saranku, beli di Belanda aja. Kenapa? Di Belanda lebih murah, pilihan banyak, banyak yang waterproof (penting nih karena Belanda doyan gerimis), plus pasti tahan dengan kondisi cuaca Belanda. Kalau di Indonesia, belum tentu loh yang kamu beli itu cocok dipakai di negara tujuan.
  2. Excessive winter clothing kaya beanie dan ear muff. Gak akan kepake sih, jadi gak perlu deh mending menuh-menuhin koper.
  3. Winter boots. Sama seperti poin 1, beli di Belanda aja.
  4. Baju yang terlalu banyak. Gak akan ada yang ngeh kok kalau kalian pakai baju yang itu-itu lagi hehe.



Toiletries dan Skin Care/Make-Up


Ini aku tempatkan diurutan kedua, karena aku baru sadar toiletries dan skin care/make-up sangat perlu diperhatikan demi kesehatan kulit kita yang terbiasa iklim tropis ini hahahaha. Jadi buat yang laki-laki, jangan di skip ya part ini karena penting.

Aku mau cerita dikit deh ya. Jadi, iklim di Belanda itu cenderung kering. Aku di Indonesia punya muka berminyak dan gampang jerawatan. Sampe Belanda, yang ada muka malah kering banget sampe iritasi.... Oleh karena itu, ini perlu banget dipertimbangkan.

Berikut hal yang penting di bawa dari Indonesia:
  1. Vaseline Petroleum Gel. Hahahaha sebut merk ya? Gapapa deh abis ampuh banget untuk mengatasi kulit yang kering, apalagi di sekitar mulut dan hidung. Pakai tiap malam aja biar besokannya gak kering.
  2. Sabun sachet dan shampoo untuk 3 hari pertama. Tingkat hidrasi sabun Indonesia dan Belanda beda jauh. Sehingga, kalau kalian pakai sabun Indonesia terus, kulit kalian bakal kering. Jadi sabun dari Indonesia pakai buat masa awal aja ketika kalian masih penjajakan. Sampe Belanda, langsung beli sabun disini aja.
  3. Sikat gigi dan odol. Ini bawa dari Indo aja sih karena kayanya kalau harus nunggu grocery shopping untuk bisa sikat gigi, eewwh... hahahaha
  4. Handuk 2 buah untuk perempuan, 1 buah untuk laki-laki. Ukurannya yang sedang aja, gak usah terlalu besar.
  5. Pembalut untuk perempuan, untuk 2-3 bulan (2-3 pak). Disini juga ada kok pembalut, cuma kan ini tipe kebutuhan yang urgent jadi bawa aja dari Indonesia.
  6. Lotion untuk tubuh yang menghidrasi dan mengandung SPF. Tolong ya bawa dari Indonesia karena disini mahal banget! Harganya 17-20euro ke atas untuk vaseline. Sedangkan di Indo, kayanya gak sampe 30ribu.
  7. Skin-care Indonesia secukupnya, jangan nyetok sih terutama buat yang di Indonesia punya kulit berminyak. Jadi gini gengs, di Indonesia kulitku itu berminyak. Ternyata sampai sini malah kering banget. Alhasil, skin-care ku yang tingkat hidrasinya rendah jadi mostly gak berguna. Sehingga, aku jadi beli disini deh (merk nya tetep Body Shop sih sama kaya yang kupakai di Indonesia). Tapi buat yang skin-carenya memang menghidrasi, atau buat yang kulitnya super sensitif, mungkin gapapa sih kalau mau nyetok skin-care.
  8. Khusus cewe ya. Make-up: lipstik bawa yang mosturizing ya jangan yang matte, foundation gak perlu sih mending bb cream aja biar lebih light, sunblock penting banget, sisanya sesuai dengan kebiasaan aja. Yang suka ngalis ya bawa pensil alis, yang suka pake eyeliner ya bawa juga hehe.
  9. Parfum atau cologne dan deodoran. Ini penting sih karena kayanya disini kalian akan jarang mandi HAHAHA kan gak keringetan :D
Berikut hal yang sebaiknya tidak dibawa/dilakukan:
  1. Stok sabun dan shampoo untuk 6-12 bulan. Gak perlu deh. Beli di Belanda aja.
  2. Stok skincare untuk yang pede banget bahwa kulitnya akan berminyak juga di Belanda. Hmm.. mostly semua orang kulitnya jadi kering sis.
  3. Alat makeup dan skin-care yang lebay. Plis kalian disini mau studi bukan party hehe. So, leave your contour, falsies, and glitters behind.

Electronics


Perlu dibawa:

  1. Laptop. Kalau bisa kalian health check laptop dulu sebelum berangkat. Kalau yang laptopnya lemot, bawalah ke tukang servis. Harusnya sih softwarenya harus asli ya, takut kena random check di bandara. But again, itu pilihan aja karena gak semua orang kena cek.
  2. HP. You don't say sih ya hahaha
  3. Power bank. Kalau belum punya, BELI. Sebagai pendatang, kalian akan banyak pakai google maps disini, dimana bakal menghabiskan baterai. Jadi, belilah power bank yang bagus, jangan yang 100ribuan.. Yang kapasitasnya besar juga, 10.000 mAh kalau bisa.
  4. Charger-charger
  5. Adaptor. Belanda punya colokan yang sama kaya Indonesia sih jadi no worries. Tapi coba cek lagi aja ya tiap negara kan bisa beda.
  6. Terminal. Itu loh colokan listrik yang panjang. Handy banget buat di kamar, sangatlah membantu.
  7. Headset. Nih, kalau belajar di Perpus, yakin deh kalian gak mau diusir karena laptopnya menimbulkan keributan. Jadi, headset ini berguna banget buat belajar.
  8. Tongsis. HAHAHAHAHA bawa dari Indonesia dan beli yang bagus sekalian (yang harganya 100-150 ribu). Bakal berguna untuk solo-travelling.Trust me, karena gak bawa, aku malah beli disini.
  9. Kabel USB.
  10. Hard-disk untuk back-up data. Atau flashdisk dengan kapasitas 32-64GB juga oke.
Yang gak perlu-perlu amat dibawa:

  1. Kamera. Well, ini pilihan ya. Cuman aku pribadi merasa kamera HP sudah cukup sih karena aku bukan fotografer pro juga. Tapi, kalau kalian merasakan adanya kebutuhan mengambil gambar dengan kualitas super, ya bawa aja gak apa-apa.


Alat Tulis Kantor dan buku


Kenapa ada section ini? Karena aku cuma mau ngingetin aja kalau kita ke luar negeri untuk belajar, bukan traveling. Jadi, ini harus jadi perhatian. Mana lagi, di Belanda, ATK itu tergolong mahal (menurutku sih). Jadi mending bawa dari Indonesia aja.

Perlu dibawa:

  1. Buku tulis. Gak perlu banyak, 1 buku bisa untuk 2 course kook kalau mau ngirit.
  2. Pulpen bawa satu pak aja yang isi 12 HEHE
  3. Sticky notes
  4. Buku catatan/agenda
  5. Gunting
  6. Selotip
  7. Hekter/paper clip
  8. Stabilo
  9. Buku bacaan 1-2 buah. Untuk nemenin di pesawat atau masa gabut di awal kuliah.
Yang sebenernya boleh aja dibawa tapi nih so far belum aku gunakan juga, dan gak tau juga akan berguna apa engga:
  1. Pensil
  2. Penghapus
  3. Tipe-x
  4. Penggaris
Kebanyakan sih, tugasnya paper-less. Meski kadang ada juga hand-out yang di print. Coba dipikirkan ajaa! Tapi paling tolong di-note kalau disini ATK mahal HEHE




Miscellaneous


Nah, part terakhir ada barang-barang lainnya yang perlu dibawa dan gak kalah pentingnya:

  1. Alat ibadah. Mukena, Sarung, Sajadah, Al-Quran bagi yang Muslim. Buat pengingat juga hehehe
  2. Bumbu-bumbu instan. Aku sangat sarankan bawa saori (yang saus teriyaki lah, saus tiram, saus ayam mentega), dan bumbu instan lain, seperti bumbu instan sayur sop, sayur asem, ikan goreng, ayam goreng, nasi goreng, lada hitam, bumbu balado, dll. Meski kalian jago masak, perlu diingat bahwa di Belanda gak semua rempah ada. Okelah ada toko-toko Asia yang jual beberapa bahan masakan, tapi tetep aja beda. Jadi, punya bumbu-bumbu ini sangat berguna banget parah deh.
  3. Kalau yang suka, bawa abon, rendang, dan sambal bu rudi (hahaha sebut merk lagi!). Ini akan menyelamatkan kalian di hari-hari awal ketika belum punya bahan makanan.
  4. Again, kalau ada yang doyan, bawa bon cabe! hahahahah! Disini rasa mecinnya emang gak berasa. Garam aja kayanya kurang asin :))) Jadi, bon cabe membantu lah hahahhaa
  5. Indomie. Di Belanda banyak banget yang jual indomie. Gak perlu ke toko Asia, toko biasa aja ada. Tapi, indomie disini kurang asin (?). Masih lebih enak yang dari Indonesia hahaha. Dan lagi, indomie ini bisa menyelamatkanmu di hari-hari awal, atau di hari-hari yang dingin dan membuat mager ;)
  6. Gantungan baju. Bawa 2 pak isi 10 atau 12.
  7. Tas kuliah 2 buah. Satu ransel yang muat laptop, satu yang lebih kecil. Kenapa dua? Karena rawan kebasahan hujan, jadi wouldn't it be nice to have a back-up?
  8. Wadah bekal dan tempat minum. Demi menghemat, kalian akan rajin bawa bekal dan botol minum ke kampus, jadi kalian akan membutuhkan ini.
  9. Obat-obatan. Aku sarankan minimal bawa: obat diare, obat demam, obat flu, obat batuk, obat migrain, obat alergi, kayu putih, hansaplas, betadin, counterpain/minyak GPU, dan obat-obat lain yang dirasa perlu.
  10. Uang cash untuk survive di awal. Pake beasiswa atau self-funding, akan ada lag dari kalian sampe ke uang kalian turun. Jadi bawa uang untuk survive 1 bulan awal. Nah, misal kalian sebulan akan butuh 700euro, bawa nya kalau bisa dilebihin jadi 1000e. Kenapa? Karena pengeluaran di awal itu besar banget. Untuk yang di Belanda, kalian akan harus beli sepeda dan perlengkapannya, akan harus beli kartu bus, akan harus daftar ke beberapa organisasi kampus, dan semuanya butuh biaya awal. Jadi lebihkan ya!
  11. Dokumen-dokumen penting yang perlu dibawa dalam bentuk scanan: akte kelahiran, ijazah S1, Kartu keluarga, sertifikat yang didapat di S1.
  12. Dokumen yang perlu di print dalam bentuk fisik dan dibawa di tas kabin: LoA (surat keterangan diterima kuliah), surat beasiswa buat yang pakai beasiswa, print-out kontrak housing atau alamat rumah di Belanda.
  13. Foto orang-orang terkasih. Ceileh.......


Yang gak perlu dibawa tapi masih ada aja yang banyak bawa wkwk:
  1. Rice cooker. Duh gausah deh. Bikin nasi pake microwave aja (di Belanda, rata-rata di semua student housing atau rumah yang disewakan, ada microwave nya).
  2. Beras. Disini banyak yang jual kok, gak usah bawa beras karena nambah kiloan doang..
  3. Alat masak dan alat makan seperti wajan, panci, mangkok, dll. Kalian bisa beli second disini, dan sama aja, malah kebanyakan microwavable. Beli di Indonesia cuma akan bikin koper penuh.
  4. Printer. Ada loh yang bawa ini. Gak perlu ya karena nge-print pakai student card itu murah kok dan bisa gratis di beberapa kampus.

Sekian dulu deh! Maaf ya kalau panjang. Semoga membantu! Nanti kalau ada yang kelupaan bakal kuapdet lagi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!

[Cerita] Interview Magang di Traveloka