[Cerita] Pengalaman Magang dan Kerja di Traveloka - Part 1

Hello, people.

Bulan Juli 2017 ini menandakan bulan terakhir aku di Traveloka, setelah 5 bulan internship dan (hampir) 6 bulan bekerja, karena bulan Agustus 2017 nanti aku akan berangkat S2 di Belanda insya Allah. Di post ini, aku mau menceritakan the perks of working at Traveloka. Aku berusaha menceritakan seobjektif mungkin yaa.




Sebagai note, post ini gak disponsori Traveloka (ya iyalah wkwk), dan tentu saja apa yang aku sampaikan bukan merupakan pendapat Traveloka melainkan pendapatku pribadi. Sejujurnya, aku punya misi pribadi dalam menulis post ini. Sedikit cerita, biasanya kalau teman mama papaku ditanya aku kerja dimana, mereka akan jawab di Traveloka, dan orang akan mengira aku jadi mbak-mbak agen travel. Tanpa mendiskreditkan agen travel, orang-orang mengira kerjaanku itu booking-bookingin tiket orang wkwkwk. Nah, aku harap sih untuk para job-seeker dan internship-hunter di luar sana, gak pada mikir kaya gitu yaa. Jadi, aku mau meluruskan semua hal itu. Apalagi, sebetulnya bekerja/internship di Traveloka itu cukup prestisius loh!

Di post pertama ini aku akan bahas ke hal-hal yang lebih serius soal Traveloka. Cekidot!


Kerjaannya ngapain sih?

Aku merupakan bagian dari Tim Product Marketing Manager Hotel Indonesia (PMM-ID). In a nutshell, kerjaanku itu bikin strategi gimana cara biar orang-orang pada mau book hotel yang ada di Indonesia via Traveloka. Caranya dengan menganalisis data marketing, melakukan riset pasar, menganalisis kompetitor, brainstorming ide baru, memberi ide pengembangan produk, melakukan banyak ad-hoc project, dll. Seru deh!

Side note: Traveloka currently ada di Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Phillipines dan Thailand. Jadi makanya ada beberapa tim yang spesifik ngurus negara tertentu. Aku spesifik urus market Indonesia. Harus berbangga loh start-up asli Indonesia expand nya udah ke 5 negara di luar Indonesia!

Selain timku, ya ada banyak lagi tim lainnya dongs. Ada tim offline media marketing yang sering ketemu artis dan production house, ada tim display yang kerjanya bareng orang Google, ada tim produk yang misinya harus mengembangkan produk Traveloka agar memenuhi user needs, ada tim design yang bikin desain-desain yang ada di Traveloka, ada tim UX yang memastikan app Traveloka gampang digunakan, ada tim Operation, ada tim Customer Service, ada tim People Operation, ada tim Finance, dan masih banyak lagi!

We are a very very huge team. Karyawan Traveloka yang ada di 6 negara itu udah hampir mencapai 1500 orang (atau udah lebih ya?). Tiap orang berkontribusi besar untuk kemajuan perusahaan :)

Development nya seberapa besar?

I would say that it'd depend on your supervisor/manager. Not everybody makes a great leader, thus not everybody would nurture you to grow. The same thing happens in Traveloka.

I would say my boss did a good job, even tho I know some other Traveloka managers who are an excellent leader said my friend. Bosku hanya terpaut 1 tahun di atasku! Dia anak 2011, dan aku angkatan 2012. Tapi, terlepas dari peran bos, Traveloka menjamin setiap orang punya room to grow.

Khusus untuk timku, kami benar-benar diberi kebebasan untuk mencari ide strategi marketing. Bahkan cara untuk menganalisis data saja tidak ada cara yang saklek. Sangat sangat seru banget buat orang yang gak suka kerjaan rutin. Mostly di Traveloka (even tho not all), kerjaannya itu dinamis banget. Bisa jadi karena dipengaruhi fakta bahwa kultur nya masih start-up banget ya.

Enaknya lagi, kalau kita punya ide yang bagus dan membangun, gak perlu bertele-tele sampai idemu itu diwujudkan. Misal aku pernah megang ad-hoc project mengenai social media competition. Dan aku memiliki ide untuk eksekusinya. Bosku sangat percaya dan menerima ideku dengan baik. Besok harinya ideku diimplementasikan ke kompetisi itu. Even if you've only been working for 2 months! 

Kalau di korporat...................................yah sulit kayanya mau ngerubah sesuatu aja alurnya panjang banget kan. Di kantor kami, mau diskusi sama Division Head atau bahkan CMO (Chief Marketing Officer), gak perlu masuk ruangan khusus dan deg-degan. Orang kalau lunch sebelahan dan ngobrol biasa saja. Gak ada sekat sis!

Jadi, untuk para development seekers, Traveloka tempat yang baik buat yang pengen mendapat banyak pengalaman!

Sesusah apa sih masuk sana?

Dulu aku pertama kali daftar Traveloka itu sekitar Maret 2016, dan mulai kerja akhir Juli 2016. Jaman dulu, aku daftar sebagai intern, jadi relatively gak sesulit masuk sebagai full-timers. Bisa dicek postku soal seleksi intern Traveloka disini yaa.

Anyway, magang atau kerja di Traveloka itu cukup prestisius. Apalagi lately, Traveloka mulai picky ke candidates nya (mungkin karena tim nya udah besar ya sekarang). Hal ini terefleksi dari cukup sulitnya diterima disini. Gak cuma 1 atau 2, tapi banyak cerita dari temanku mengenai seberapa kecewanya mereka gagal di tahap seleksi Traveloka. Jadi dear parents, anakmu hebat loh bisa lolos seleksi di Traveloka ;)

To be frank, GPA, background akademis, pencapaian selama kuliah, dan pengalaman yang berhubungan dengan function yang kamu apply sangat diperhitungkan ketika seleksi awal, minimal biar kamu bisa dipanggil untuk ikut seleksi selanjutnya. Jadi, yang bilang gak perlu punya GPA tinggi itu... berarti menyerah duluan ah. Bottom line nya, bikin CV yang bagus ya! Syukur-syukur kamu bisa menemukan kakak kelasmu yang kerja di Traveloka dan mau merekomendasikanmu ke HR. Lebih beruntung lagi buat kamu kamu yang memang dikejar oleh HR Traveloka dari awal ;)

Lalu ada seleksi online (jamanku belum ada, tapi kemudian ditambahkan gak lama setelah aku masuk), dan wawancara berlapis (berlapis karena interview usernya berkali-kali wkwk). Akan sangat membantu kalau sebelum seleksi kalian review 'materi' yang kalian 'jual' ke Traveloka (misal kalau anak IT yo direfresh lagi itu ngoding yang baiknya gimana), plus sedikit latihan GMAT terutama buat yang mau jadi Business/Marketing/Data Analyst.


Budaya kerjanya kaya apa?

Traveloka does not act like a typical start-up anymore. Ini yang harus aku garis bawahi. Traveloka sudah berdiri selama hampir 5 tahun, jadi tentu sudah gak sepenuhnya sebuah start-up. Apalagi dengan jumlah employee dan revenue yang kaya korporat.... Tapi masih ada juga budaya yang dipertahankan dari root start-up nya :)

Pertama, jam kerja. Dulu jaman aku pertama jadi intern, bosku bisa baru datang ke kantor jam 11.30, dan pulang jam 21.00. Dulu, aku datang jam 9.45 itu adalah yang paling pagi diantara anggota timku. Typical start up banget kan untuk come as you wish, menyesuaikan jam produktifmu. Tapi lately, dibuat semacam agreement untuk datang jam 10 (setidaknya sebagian besar tim di Marketing ya). Gak ada sih peraturan tertulisnya, tapi more kaya expectation dari team leader atau norm gitu. Dan bahkan ada beberapa tim juga yang menerapkan, kalau telat sedikit harus langsung e-mail (meski timku cukup kirim chat di grup aja). I'm not sure apakah ini kemajuan atau kemunduran, karena justifikasinya adalah agar membuat koordinasi antar tim jadi lebih mudah which is true. Aku pun gak ada masalah karena sudah terbiasa datang jam 10 dari awal. Tapi, buat kamu yang mengharapkan iklim start-up yang come as you wish, mungkin ini bisa jadi pertimbangan.

Kedua, baju. Yap, di Traveloka (dan kebanyakan start-up lainnya) masih menerapkan dress as you wish. Dress, jeans, kaos, blus, jas, kemeja, polo, hoodie, apapun silakan aja pakai. Karena Traveloka percaya kalau produktifitas bekerjamu gak dipengaruhi oleh apa yang melekat di badan :D Ada masa-masa ketika sedang gak enak badan, aku hanya pakai hoodie, jeans, dan sandal jepit. And nobody cares! Kalau aku sih melihatnya, toh yang mendapat benefit mengenai how presentable you are itu diri kita sendiri, bukan employer. Oh ya tentu saja kalau kamu adalah tim yang banyak berhubungan sama third party atau customer, tentu harus baik dong ya cara berpakaianmu (misal tim offline media, market manager, dll.).

Ketiga, high-achiever colleagues. Yap, another start-up traits. Teman-teman kerja sangat high-achiever, bahasa kuliah nya 'ambis'. Which is good for your development dong! Tapi sedihnya ya kadang meetingnya di jam makan siang, gak kenal jam kadang kalau ngirim dokumen, jarang ada small talks (jam makan siang kadang dipake ngomongin kerjaan sedihnyo..), hal-hal remeh lainnya yang kerasa buat orang-orang baper sepertiku (hahaha!).

Keempat, unstandardized benefit. Ini mungkin ya minusnya kerja di start-up. Meski nanti aku akan bikin post kedua yang isinya tentang hal-hal non-serius pas kerja di Traveloka (termasuk benefit), aku rasa ini perlu teaser tersendiri hoho. Ayahku, teman-temanku, pacarku, hampir semua kerja di korporat. Pemberian gaji dan insentif sangatlah jelas menurut level jabatan. Sayangnya, Traveloka belum seperti itu (atau untungnya??). Gaji tiap orang berbeda-beda dimana konsiderasinya hanya orang-orang yang mengurusnya yang tau. Well.... cannot really say much sih karena super sensitif tapi  I will try my best to give my opinion in the second post, as smooth as possible ;)

Kelima, dynamic work environment. Iklim kerjanya sangat dinamis! Meski aku mulai notice ada hal-hal yang mulai tidak 'dinamis' (sad gabisa cerita karena case nya sensitif), namun overall kamu sangat punya room untuk melakukan pekerjaanmu sesuai dengan caramu sendiri! Kamu bisa freely discuss dengan manajer tim lain layaknya ke teman sendiri, dan tentu saja minta pendapat soal pekerjaanmu. Kalau kamu punya ide, mudaaah banget untuk mewujudkannya (asal oke ya!), sesuai dengan penjelasanku diatas. Mantap banget buat orang bosenan dan susah diatur kaya aku :D

Keenam, isinya orang-orang muda! Tentu saja, CEO nya aja baru 29 tahun (mau menangis belum 30 tahun udah sukses, apalah aku ini...). Jadinya, pace company nya pun cepat, dan orang-orangnya masih sangat berapi-api untuk menyukseskan Traveloka.

Traveloka as a career? How?

To be honest gak bisa jawab ini sih karena kan aku mau pergi S2 sehingga belum tau juga prospek karirnya seperti apa. Ditambah lagi, Traveloka saat ini sedang growing jadi struktur organisasi nya bisa jauh berubah dari yang sekarang. Tapi nih, kalau aku ditanya do I see myself have a career in Traveloka if I am not about to have my master degree? Jawabannya tidak.

Tapi, jangan panik dulu.

Tidak nya, karena aku masih mengincar bekerja di Kementrian atau BUMN. Indeed, starting salary-ku mungkin nih lebih kecil dibandingkan Traveloka (tapi doain aja sukses di BUMN nya, jadi tetep bagus income nya aamiin). Tapi, sebagai wanita nih, sampai saat ini sih, aku sejujurnya masih mencari "kepastian" dari employer, aku melihat Traveloka masih sama dengan perusahaan swasta dimana tidak ada yang menjamin bisnismu berlanjut di masa depan, atau, bagaimana retirement plan-mu (jauh banget ya mikirnya?? harus wkwk). So, the chance of settling down is the issue.

Tentu saja ini case by case banget, jadi kalau kamu tanya orang lain bisa beda lagi. Contohnya bosku yang justru bingung kenapa aku mau ke BUMN hahaha (sorry bos!).


Baca part 2 juga ya disini! Ciao!



Komentar

  1. Halo ka. Aku mau baca yg part 2 donk. Ditunggu ka ttg traveloka yg selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Sudah kubuat yaa yang part 2 nya, silakan dibaca :)

      Hapus
  2. Halo kak, aku mau nanya dong ka, kalo aku mau magang atau mengajukan penelitian ke traveloka kira kira aku bisa hubungin siapa ya kak? Aku perlu kontak siapa kaaa. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau magang itu cek di smartrecruiter, linknya inii https://careers.smartrecruiters.com/Traveloka
      Kalau untuk penelitian, biasanya harus approach langsung ke orang Traveloka nya dan kebetulan aku sudah tidak di Traveloka jadi gak bisa nanyain, maaf yaa

      Hapus
  3. RAIH KEBERUNTUNGANMU HANYA BERSAMA KAMI.
    Register/Pendaftaran :
    Dijamin 100% FAIRPLAY.
    Dijamin Tanpa ROBOT / ADMIN.
    Dijamin Asli PLAYER Vs PLAYER.
    BONUS JACKPOT Sampai Ratusan Juta
    BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    BONUS TURNOVER 0,5% SETIAP HARI
    Live Chat 24 Jam
    Depo & Wd Diproses Dengan Cepat Oleh Admin Kami Yang Sudah Terlatih
    Minimal Deposit 15.000 dan Minimal Withdraw 50.000.
    Jika Anda Berminat,Anda Dapat Menghubungi Kami Melalui :
    YM : kebunpoker
    BBM : 2BE3264A

    BalasHapus
  4. bagaimana dengan jam kerja pulangnya ? apakah tepat waktu pulangnya atau sering lembur ato kerjaan overload yang mengharuskan di kantor hingga subuh atau malam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traveloka itu karena bisnisnya sangat bergantung sama demand, ada waktu2 ketika demand itu peak (kaya lagi libur natal), maka betul harus lembur. Tapi most of the time, jam pulangnya itu normal menurut kami. Kami masuk jam 10, pulang setelah Magrib. Kerjaannya menurutku doable untuk dilakukan within the working hours

      Hapus
    2. Kak bisa minta kontaknya ga! Ingin sharing atau minta info

      Hapus
    3. Udah pernah interview di traveloka jadi contact center ,

      Hapus
    4. Hai kak.. boleh bagi2 pengalaman nya dari proses apply cv gak kak? Saya fresh graduate dan sangat tertarik untuk bekerja di traveloka. Jadi saya ingin mencari tahu bagaimana proses2nya melalui orang2 yang udh melewati.. Terimakasih!

      Hapus
  5. Bahasa yang digunakan di kantor bahasa ya mbak indo kah apa inggris sehari" nya...apakah harus bisa bahasa inggris aktif disana?

    BalasHapus
  6. Kak boleh minta kontaknya ngga? Mau sharing2 dan nanya2 untuk magang kalau masih mahasiswa aktif gimana

    BalasHapus
  7. Semua terima kasih kepada ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang bersikeras menjadi pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda dapat dengan aman pinjaman saya saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  8. Saya menandai webster dengan nama saya seorang perwira polisi dan saya tinggal di kentucky tenggara di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya sangat membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya sedang tidak bertugas saya memutuskan untuk mencari lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman saya menemukan perusahaan ini bernama PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND dan banyak orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah jumlah $6.000.000,00 saya melamar dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka mengatakan kepada saya untuk melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan dengan aman dengan pinjaman saya, saya tidak pernah percaya mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat dalam waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerima pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa akun saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuh dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa akun saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat saya pinjaman $6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya bijih adalah $1.000.000,00 dan sekarang saya menemukan $7.000.000.00 pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $7.000.000,00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui surat markwebster023@gmail.com  atau hubungi perusahaan melalui alamat surat adalah karinarolandloancompany@gmail.com,  +1585 708-3478   hal terbaik.

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, nama saya edy nurachman, saya dari indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu karina, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang telah membantu saya mendapatkan pinjaman untuk membayar biaya pengobatan selama masa istri saya sakit.
    Pada tanggal 20 januari 2021 saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000.000,00 juta rupiah dan saya diminta untuk mengisi data saya untuk verifikasi di formulir aplikasi pinjaman yang ada setelah itu saya juga diminta untuk mengirimkan ktp foto id card saya untuk verifikasi ke memungkinkan mereka melanjutkan proses pinjaman yang saya lakukan setelah semua persyaratan telah dipenuhi dalam waktu singkat pinjaman saya sebesar Rp250.000.000,00 juta rupiah indonesia ditransfer ke rekening bank saya, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang yang mencari untuk pinjaman di blog ini mereka harus menghubungi IBU KARINA, ibu adalah penolong sejati sejati yang dikirim dari Allah untuk membantu orang, bahwa jika Anda benar-benar membutuhkan perusahaan pinjaman yang sah yang memberikan pinjaman, Anda dapat menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND melalui whatsapp atau email, +1585 708-3478 atau karinarolandloancompany@gmail.com, dan masalah Anda akan teratasi, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian saya semoga allah menyertai Anda semua, Anda juga dapat menghubungi saya untuk lebih formasi melalui email deniferiana3@gmail.com
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: ELENA KARINA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    NAMA : Edy nurahman
    NEGARA: indonesia
    JUMLAH: Rp250.000.000,00
    TANGGAL: 20 januari 2021

    BalasHapus
  10. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama IBU KARINA, pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas jerih payah IBU KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang IBU KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi IBU KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp saja +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  11. NAMA SAYA..........RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA............INDONESIA
    KOTA.............BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN......Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA..........rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, warga negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet dan tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tetapi akhirnya terhubung dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY di mana dia mendapatkan pinjamannya. . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menyimpan semua yang meminjam dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapat pinjaman sebesar Rp.150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan di sini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri, saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    melalui atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan bagaimana saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    HANYA WHATSAPP........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK.........KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL.........KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  12. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK : bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum ketika saya memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semua berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari IBU KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA yang telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  13. TESTIFIER : Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA : Semarang
    NO WHATSAPP SAYA: +62 821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp500.000.000
    BANK BCA
    No REKENING: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman online terkemuka yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok scammers karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari sial dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat tercerahkan karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lalu saya melihat seorang teman keluarga lama suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia menjelaskan juga tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif terjangkau sebesar 2% dan dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammers dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan { PERUSAHAAN ADMINISTRATIF PROCEDURE} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya telah mencapai puncak tanpa stres atau masalah lem dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan bereputasi baik. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany@gmail.com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  14. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman lembaga yang saya temukan online untuk semua saudara Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN yang  saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Diperlukan Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan non muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk saran juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  15. HALO
    saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman sebesar $60.000 tetapi dia menyetujui $50.000 dan itu adalah $50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis email ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY  sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1(585) 708-3478, atau +1(323) 230-9820 untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail .com

    BalasHapus
  16. Halo semuanya, nama saya edy nurachman, saya dari indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu karina, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang telah membantu saya mendapatkan pinjaman untuk membayar biaya pengobatan selama masa istri saya sakit.
    Pada tanggal 20 januari 2021 saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000.000,00 juta rupiah dan saya diminta untuk mengisi data saya untuk verifikasi di formulir aplikasi pinjaman yang ada setelah itu saya juga diminta untuk mengirimkan ktp foto id card saya untuk verifikasi ke memungkinkan mereka melanjutkan proses pinjaman yang saya lakukan setelah semua persyaratan telah dipenuhi dalam waktu singkat pinjaman saya sebesar Rp250.000.000,00 juta rupiah indonesia ditransfer ke rekening bank saya, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang yang mencari untuk pinjaman di blog ini mereka harus menghubungi IBU KARINA, ibu adalah penolong sejati sejati yang dikirim dari Allah untuk membantu orang, bahwa jika Anda benar-benar membutuhkan perusahaan pinjaman yang sah yang memberikan pinjaman, Anda dapat menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND melalui whatsapp atau email, +1585 708-3478 or +1 323 230-9820   karinarolandloancompany@gmail.com, dan masalah anda akan teratasi, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian saya semoga allah menyertai kalian semua, kalian juga tidak bisa hubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email deniferiana3@gmail.com
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP: +1585 708-3478 atau +1 323 230-9820
    INSTAGRAM: KARINA ROLAND
    TWITTER : KARINA ROLAND
    NAMA FACEBOOK: ELENA KARINA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    NAMA : Edy nurahman
    NEGARA: indonesia
    JUMLAH: Rp250.000.000,00
    TANGGAL: 20 januari 2021

    BalasHapus
  17. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Mrs.KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai-sampai orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa perlombaan diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di blog karena ketertarikan saya padanya benar-benar keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itu sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa lunas semua hutang saya dan sekarang saya punya supermarket sendiri, saya tidak butuh bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang menjadi wanita mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com)  atau whatsapp +15857083478 atau +1323 230-9820 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda amanat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND  di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu positif dengan Ibu KARINA  ROLAND  dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  18. LEMBAGA KEUANGAN INI TERBAIK DI BIDANG PEMBERIAN PINJAMAN
    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


             KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                                  KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    BalasHapus
  19. Halo nama saya Kaarima Hakim, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hidup saya. Dan untuk mengirimkan seorang ibu yang luar biasa seperti Nona Asmara, yang telah membawa kegembiraan dalam hidup dan rumah saya. Oleh karena itu, jika ada di antara Anda di sini yang ingin mengajukan pinjaman, harus menghubungi Asmara Hasan melalui email, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit yang nyata, Ikuti semua prosedur di perusahaan PINJAMAN ASMARA HASAN dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjaman. bijaksana dan bersinar mata Anda, sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Asmara Hasan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman @ asmarahasanloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga sehingga saya dapat memberikan informasi lebih lanjut dan perawatan. kaarimahakim@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  20. Halo nama saya Rida Yahya, saya dari Jawa Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hidup saya dan menggunakan perusahaan (Perusahaan Pinjaman Asmara Hasan) untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, , saya punya masalah finansial dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih atas kejujuran perusahaan. PERUSAHAAN PINJAMAN ASMARA HASAN yang membantu saya dengan pinjaman 380 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya baru saja melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang saya dan keluarga saya bekerja dengan baik dan sekarang saya saya wanita bisnis yang baik.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman mendesak, saya akan merekomendasikan Anda kepada nyonya Asmara. di Email:: asmarahasanloancompany@gmail.com

    Silakan jika Anda mau, Anda masih dapat menghubungi saya riyahya1234@gmail.com
    Dan anda juga bisa menghubungi nomor WhatsApp Bu Asmara yang jujur +1 (802) 695-0723

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  22. Saya Bu Hadhirarahma, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan membantu saya dengan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir putus asa sampai Tuhan memakai seorang pria yang kebetulan adalah sepupu saya, yang kemudian menyebut saya pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Bu Asmara meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 500 juta rupiah Indonesia (Rp 500.000.000) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya minta dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji akan membagikan kabar gembira agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (asmarahasanloancompany@gmail.com) dan insya Allah Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (hadhirarahman@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasannya Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya

    BalasHapus
  23. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Mrs.KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai-sampai orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa perlombaan diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di blog karena ketertarikan saya padanya benar-benar keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itu sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi seperti yang saya bicarakan dengan Anda sekarang saya bisa lunas semua hutang saya dan sekarang saya punya supermarket sendiri, saya tidak butuh bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang menjadi wanita mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com)  atau whatsapp +15857083478 atau +1323 230-9820 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda amanat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND  di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu positif dengan Ibu KARINA  ROLAND  dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!

[Cerita] Interview Magang di Traveloka