[Must Try] Makan Apa ya di Sydney dan Melbourne? - Part 1

Hello semua!

HEHEHEHE mumpung ingat, kali ini saya mau menulis tentang perjalanan makan memakanan selama liburan ke Australia (Sydney dan Melbourne) Oktober 2016 lalu. This post MAY be revised at some point, karena post ini masih bergantung pada ingatan dan foto dari hape saya, sedangkan saat liburan itu banyak pakai foto dari kamera HP Ibu (32 MP cyin hix apalah hape ane remah-remah rempeyek...).

Sedikit cerita, ini bukan pertama kali saya ke Australia, tepatnya ke Melbourne. Waktu kelas 2 SMA (tahun 2011), saya pernah melakukan exchange program ke Melbourne dan stay disana selama 2 bulan. Induction saya pada waktu itu menceritakan bagaimana orang Australia pada dasarnya adalah kumpulan orang asli (Aborigin) dan pendatang dari berbagai negara. Dari temen sekelas saya dulu, ras nya macem-macem, ada yang turunan Italia (seperti host family saya), Yunani, Vietnam, India, Malaysia, Arab, dll. Intinya, Australia itu gado-gado sehingga kalau kamu tanya "Apa sih makanan khas sana?", jawabannya "Ya makanan orang Aborigin.". Karena, pada dasarnya makanan orang Australia itu makanan campur-campur dari budaya berbagai negara.

Oleh karena itu, sejujurnya makanan memang gak jadi fokus utama perjalanan saya. Kalau kalian scroll down post blog saya, kalian bakal ngeh kalau pas saya ke Korea, misalnya, saya post nya banyak tentang Winter Food. Karena makanan Korea kan memang khas. Sedangkan, Australia berbeda. Sehingga, post tentang makanan ini mungkin gak akan banyak, dan mungkin banget gak lengkap. PLUS, saya memang gak mengunjungi cafe dan restauran Michelin Star di Melbourne yang banyak dan terkenal. Langsung saja Cekidot!

1. Italian Gelato at Darling Harbor, Sydney



Di Sydney, BANYAK BANGET yang jual Gelato! Serius! Kalau kalian jalan-jalan di Darling Harbor, pasti kalian akan nemuin toko Gelato dengan rasa yang aneh-aneh. Di foto itu, saya makan rasa Mint dan memang enak banget.

Sejujurnya cukup lupa namanya, tapi kayanya namanya Gelatissimo deh. Itu persis sebelah McDonalds di Darling Harbor. Awalnya saya kira orang-orang pada makan eskrim nya McD, taunya makan italian Gelato. Even winter, toko ini selalu penuh. Dan enaknya kalian bisa minta tester.

Place: Gelatissimo, Darling Harbor. Next to McDonalds.
Price: Kata Mbah Google, sekarang harganya AUD$10, tergantung mau pake cup apa cone etc.
Tips: JANGAN beli rasa aneh-aneh kalau ga yakin. Ibu saya beli rasa Lemon Meringue dan hasilnya merem melek sepanjang makan karena kecuuuut banget.

2. Pancake on The Rocks, Sydney

PLEASE PLEASE PLEASE welcome the God of Pancake!!!!! Wohoooooooooo *keprok keprok*



Gak paham lagi, how can a pancake be so tasty. SO TASTY. SO FREAKIN TASTY. Enak banget Demi Allah gak bohong. Kalau kalian ke Sydney dan melewatkan ini, BALIK LAGI! wkwkwkwk.

Ini Pancake sangat fluffy, maple syrupnya sangat tasty, dan juga bikin perut kenyang banget. Even kalau kalian beli yang original stack aja pake sugar, rasanya juga udah enak banget :( Gambar di atas namanya Pancake Hot 'N' Troppo. Basically isinya pisang, kacang walnut, dan coklat. Sebenernya kata websitenya (http://www.pancakesontherocks.com.au/menu/) yang terkenal itu yang dari keluarga berry. Cuma Saya pribadi lebih suka sweet pancake daripada sour atau savory pancake. Consider this one as a big meal :"""")

Anyway, mereka juga jual pancake mix loh buat yang mau membawa kelezatan dewa Pancake ini ke rumah. Just ask the waiter! :)

Place: Aslinya ada di kawasan The Rocks, Sydney. Tapi saya makan di yang Harbourside Shopping Center, Darling Harbour, Sydney. Lebih praktis.
Price: Hot 'N' Troffo AUD$14.95, bisa cek di webnya
Tips: Kalau gak biasa makan Pancake berat-berat, beli 1 buat berdua aja. Buat yang muslim, jangan pesen yang ada butterscotch atau yang savory pancake ya soalnya rata-rata mengandung ibab.

3. All About Fish at Sydney Fish Market

Sydney itu kota pelabuhan. Kota pelabuhan identik dengan? IKAN SEGAR!!!! Sebagai keluarga pecinta ikan, rasanya ga mungkin melewatkan Sydney Fish Market ini.



Maafkan ke-gak-estetik-an foto ini, keburu lapar

Sydney Fish Market adalah satu kompleks pasar ikan besar dimana kita bisa beli ikan dan dibawa ke rumah atau beli ikan yang sudah dipotong-potong dan dimasak sehingga kita bisa makan di tempat.

Pilihan restauran/shop nya banyak, dan gak tau sih bedanya gimana. Cuma kalau dari baca-baca di internet, Peter's adalah bargain yang oke. Katanya harganya relatif murah, rasa enak, dan banyak pilihan. (Will add more photos about this one as soon as I get to my other laptop at home). PLUS Ada Mbak-mbak Indonesia beberapa orang :( Sangat membantu kegagapan bahasa ini :(

Saran saya, kalian harus beli salmon sashimi nya. Seminimal nya itu. Caranya, pilih aja potongan Salmon yang kalian mau, ambil secukupnya, lalu minta Mbak-mbaknya untuk potongin. Atau simpelnya tunjuk yang udah dipotongin dan dibungkusin aja. Saya pribadi gak merekomendasikan tuna sashiminya, rasanya gak cocok :/

Sashimi pasti gak kenyang. Oleh karena itu, cuma tengok ke arah yang cooked. Disitu ada bermacam2 seafood masak yang bisa dipilih. Biasanya dijualnya sepaket sama kentang. Di atas itu saya beli salmon masak dan kentang.

Place: Peter's at Sydney FIsh Market
Price: Untuk berdua, siapin minimal AUD$40 untuk decent big meal yang terdiri dari 2 main course (ikan masak plus kentang), sashimi, dan minum.
Tips: Makannya di pinggir harbour ya! Dan jangan coba-coba kasih makan seagull, atau kalian akan dirubung burung selama makan..


Pemandangan dari tempat makan


4. Hungry Jack! Everywhere


Kalau di US punya Burger King, Aussie juga punya burger chain namanya Hungry Jack! Hungry Jack bisa ditemukan semudah kita menemukan McDonalds di Jakarta. Tempat ramai (Pelabuhan, Mall, Shopping Street) biasanya ada Hungry Jack.

Apa bedanya dong sama Burger King? Kelembutan dagingnya sama! Gak ada beda. Bedanya di Aussie kayanya gak nemu deh Burger King wkwk. Saya pernah coba burger McD di Aussie, beuhhhhhh burger McD jadi seakan gak berfaedah. Patty cooked to perfection, MANTAB. Ya tapi tentu saja saya cuma bisa makan Chicken burgernya, bukan makan beef burgernya. BUT IT IS STILL TASTY tho.

Place: Saya beli di salah satu pelabuhan ferry di Sydney
Price: Burger Meal (with fries and cola) would be under AUD$10
Tips: Gak ada tips, beli aja udeh :))))

5. Nando's - The Ultimate Peri-peri Chicken of My Life

Gak deng. Namanya Nando's doang. Gak ada panjangannya lagi :)))


Sebetulnya, gak begitu tau chain ayam ini awal mulanya darimana, karena di negara lain juga ada (Canada, Malaysia, US, dll). Tapi yang jelas dia mengangkat saus khas Portugis, Peri-peri. Harus mulai darimana ya? Oh ini kali ya, selama saya di Melbourne, saya kesini 3 kali. Dalam 3 hari. Tiap hari 1 kali. Kenapa? Ya ampun ini rasanya. Bikin khilaf. Ayamnya super juicy. Harganya bersaing banget. Dan? Seluruh restauran di chain Melbourne nya punya sertifikasi halal si ayamnya (HUHU TERHARU), kata temen-temen komunitas Muslim Victoria. Pengen deh bikin petisi bawa Nando's ke Indonesia......................... *lebay

Kalau sendiri, beli yang seperempat atau setengah ayam. Beli juga sidesnya (kentang atau salad) dan minumnya. Kalau berdua.... BELI AJA WHOLE CHICKEN PLIS :( Menyesal loh makan disini dikit-dikit.

Place: Kita paling sering datangin di Swanston St., Melbourne karena di pusat kota
Price: Whole Chicken AUD$19.45, full list of price: https://www.nandos.com.au/eat/menu
Tips: Gausah malu-malu, beli aja yang banyak.


Sekian dulu list makanan di Sydney dan Melbourne nya! Di lanjut part 2 nanti yaaaa.

Dag!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!

[Cerita] Interview Magang di Traveloka