Ballarat Wildlife Park dan Sovereign Hill!

Hello!

Pertama-tama mohon maaf jika postinganku lumayan lompat-lompat. Gapapa lah ya, kan udah ada tags nya ;)

Seharusnya post-ku sudah lebih banyak menceritakan soal persiapan S2, eh sekarang aku malah mau cerita lagi soal liburanku ke Australia tahun lalu. Tapi, semoga tetap dibaca hehehe.

Kali ini aku mau ceritakan pengalamanku mengunjungi Ballarat, sebuah kota yang tidak jauh dari Melbourne dan biasa dijadikan tujuan day-trip orang-orang yang mengunjungi Melbourne. Kenapa aku secara khusus mau menceritakan ini? Karena aku sangat teramat kagum sama Ballarat dan menurutku Ballarat adalah contoh bagus bagaimana seharusnya sebuah negara memperlakukan tempat historisnya. Oke banget deh.

Ada tiga hal sih yang mau aku ceritakan, pertama tentang Ballarat Wildlife Park, kedua tentang Sovereign Hill, dan ketiga soal How to Get There dan hal lain yang krusial. Silakan disimaaak!


Ballarat Wildlife Park

Dari awal aku bikin itinerary untuk liburan ke Aussie, aku dan Ibu benar-benar pengen mengunjungi kebun binatang Ballarat ini! Banyak banget keistimewaan dari Ballarat Wildlife Park yang membuatku merasa this place is a hidden gem. Meski kecil, tapi kalian bener-bener bisa menghabiskan seharian disini loh! (Well, meski karena waktu aku cuma menghabiskan half day disana)

Kebun Binatang milik Keluarga. Jadi Ballarat Wildlife Park itu punya keluarga Parker, dan katanya sih orang-orang yang bekerja disana juga masih keluarganya. You can tell! Semua diurus dengan baik dan telaten.




Binatang dibiarkan berkeliaran bebas. Hahahaha ini nih emang yang paling oke! Kalian bisa piknik bersama kangguru, literally! Kangguru emu, llama, burung merak, dibiarkan bebas sehingga kalian bisa mengelus-elus, ngajak foto, ngasih makan, dan bahkan liat mereka berantem! Sumpah ini highlight dari trip ke Ballarat banget deh! Jadi, jangan lupa di pintu masuk beli makanan binatang ya. Lupa sih berapa, cuma harus banget beli biar kalian disamperin sama binatangnya jadi bisa foto-foto sepuasnya!


Adik selfie sama kangguru lol!

Ayah lagi nipu kangguru hahaha. Btw beneran ada meja piknik loh!

Disambut Emu begitu masuk

Llama yang malah kabur kalau diajak foto wkwkwk.

Merupakan rumah dari wombat tertua dan terbesar di dunia. Buat yang gatau wombat, dia binatang lucu kaya tikus raksasa asli Australia. Ballarat Wildlife Park punya wombat tertua dan terbesar di dunia namanya Patrick. Sayang pas aku kesana, Patrick cuma bisa diintip aja karena dia lagi tidur. (Katanya sekarang udah mati tapi sad..). Jadi, aku hanya selfie sama plang namanya aja hahaha!


Ada banyak animal show. Jadi, di jam-jam tertentu ada banyak Animal show. Waktu itu yang sempat kutonton adalah soal kura-kura. Informatif dan sangat seru kok! Ada juga jam-jam petting koala, bahkan beberapa jenis reptil.



Jadi, kalian harus benar-benar kesini deh! Rugi banget kalau gak kesini. Tipe travelling keluargaku pun bukan big spender yang doyan belanja. Tapi, kami sangat menghargai uniqueness dari pengalaman yang didapat di tiap negara. Nah, kami rasa, akan lucu aja kalau ke Australia tapi gak ketemu dan berinteraksi dengan binatang-binatang asli sini! Jadi, please jangan cross-out ini dari list tempat yang mau kalian visit.

Sebetulnya di Sydney atau Melbourne pun ada kebun binatang. Tapi percayalah, setiap interaksi yang ada itu dibatasi dan harus bayar! Duh... udah mahal tiket masuknya, mahal pula kalau mau interaksi. Kan rugi. Cuma Sydney dan Melbourne Zoo bisa jadi alternatif kalau kalian gak ada waktu spare untuk ke Ballarat.

Sovereign Hill

Another must-see attraction in Ballarat. Sedikit cerita, based on baca-baca sih katanya Ballarat itu dulunya adalah kota penambangan emas. Nah, si sovereign hill ini adalah semacam miniatur Australia jaman dulu. Jadi, sovereign hill menampilkan rumah, pertokoan, dan tambang Australia. Karena merupakan objek wisata, ada juga aktor-aktor yang berperan sebagai si orang-orang jaman dulu itu. Mereka memakai gaun-gaun lama, pakai pakaian prajurit, dan pakaian pekerja. Mantap banget deh!








Di sovereign ada banyak atraksi, seperti "upacara" militer, ada show penambangan emas, ada kali buat kita nyoba nambang emas sendiri, bahkan ada atraksi naik kereta penambang untuk lihat sejarah kota ini! Aku gak ikut semua sih, tapi ini beberapa snaps nya!







Selain ada sovereign hill, ada juga gold museum nya! Tiketnya sudah jadi satu, jadi datangi aja ya kalau sempat! Aku gak mengambil foto di gold museum karena sudah keburu capek dan batre HP sudah menipis hehe.

Anyway, kalau ada satu hal yang aku sesali gak aku lakukan di Sovereign Hill adalah, aku gak maksa adikku agar mau foto pakai pakaian jaman dulu! Duh!! Tadinya sekeluargaku sudah mau foto pakai pakaian jaman kolonial, tapi adikku rewel karena lapar ha ha. Jadinya kita semua gak jadi foto deh. Kalau kamu, jangan sampai melewatkan ya!

How to get there, and.... others!

Sejujurnya, kemarin itu kami sekeluarga diantar oleh teman Ayah menggunakan mobil, jadi kami gak begitu memikirkan masalah transportasi. Kira-kira 1.5-2 jam perjalanan darat. Namun, buat kamu yang gak bisa diantar sodara/teman disana, jangan khawatir, ada beberapa opsi yang bisa kamu gunakan:

  1. Menyewa mobil, seperti via Hertz atau VroomVroomVroom.
  2. Naik kereta plus taxi. Kalau dari web http://www.visitballarat.com.au/getting-to-ballarat dijelasin bahwa dari Melbourne's Southern Cross Station bisa naik kereta direct V-line ke Ballarat City Center, lalu dari sana tinggal naik taksi. Atau bisa juga numpang couch yang disediakan oleh Sovereign Hill kalau gak salah baca disini: http://www.sovereignhill.com.au/visit/getting-here/
  3. Simply ikut group tour ke Ballarat. Banyak yang menyediakan day-trip dari Melbourne ke Ballarat. Coba aja googling. Providernya mulai ada Viator, Grayline, dan masih banyak lagi. Harga bergantung dari coverage (mana aja di Ballarat yang dikunjungi), apakah udah termasuk makan atau engga, sama fasilitas dalam couch nya.

Paling enak kalau kalian ber-4 atau ber-5, ya opsi nomor 1. Tapi balik lagi itu bergantung pertimbangan masing-masing aja!

Nah, adapun info-info yang penting soal Ballarat Wildlife Park dan Sovereign Hill adalah sebagai berikut:

Ballarat Wildlife Park
Harga tiket: AUD17-85 tergantung umur dan berapa banyak orang. Kalau beli online dapat potongan 10%

Sovereign Hill
Harga tiket: AUD25-140 tergantung umur dan berapa banyak orang.

Semoga membantu yaa!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Interview Magang di Traveloka

[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!