[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!

Halo!
Hari ini lagi pumped up buat nulis banyak kebetulan jadi maafkan :)))

----- Edit: Karena saya notice traffic saya gede banget di post ini, maka post ini saya enhance dengan informasi yang lebih baik. Semoga pada lebih suka ya! -----

Jadi, hari ini saya bakal ceritain why, how, and what nya magang di salah satu consulting group terkemuka di Indonesia, yaitu Accenture Indonesia. Saya magang tahun 2015 dari bulan Juni sampai Agustus.


The famous ACN logo
Sumber: logok.org


Pertama. Why. Kenapa sih saya mau magang disana? Jawabannya satu, saya pengen banget jadi konsultan. So, why not starting it by doing internship? Honestly speaking,having ACN experience in my resume would increase my value. Gak bisa bohong bahwa mendapat internship di ACN cukup prestisius, sehingga nilai itu akan meningkatkan nilai jual saya ke company lain. Kalau boleh jujur, setelah intern ACN, saya juga mendaftarkan diri di beberapa tempat lain sekitar 2016 lalu. And guess what one question they always asked? "Di Accenture pengalamannya seperti apa waktu magang?" Selalu noticable.

Kedua. How. Gimana sih bisa dapat pengalaman magang di ACN?
  • Masukin CV dan transkrip ke HR nya atau ke websitenya.
Pertama, kalian harus apply dengan memasukkan CV, transkrip, dan other related document ke website Accenture. If kalian lucky enough untuk tahu email HR nya (biasanya tahu dari referral), maka kalian lebih baik kirim langsung ke email HR nya. Hampir pasti lebih fast response apalagi didukung CV yang mentereng.

Oh iya ketika masukin CV, saranku sih pakai yang berbahasa Inggris. Dan jangan lupa di body email jangan diisi dengan kalimat seadanya ya, tapi diisi dengan reasoning kenapa kamu tertarik apply dan kenapa kamu candidate yang eligible.
  • Seleksi Berkas
After sending out CV dan related documents, saya waktu itu harus menunggu sekitar 2 minggu sampai HR nya balas via email/telepon. Important tips buat temen-temen yang tingkat 3 dan lagi nyari magang, saya saranin kamu daftar dari bulan Januari/Februari karena seleksinya makan waktu cukup lama (sekitar 2 minggu per step) dan tentu saja makin mepet Mei, makin sulit untukmu "bersinar" diantara ratusan CV lainnya.
  • Phone Interview dengan HR
Setelah mendapat kabar kalau saya lolos seleksi berkas, saya ditelepon untuk janjian phone interview dengan HR. Nah penting juga untuk yang lagi nyari magang/kerjaan in general, pastikan kalian bisa ditelepon kapanpun. Kenapa? Sesimple gini sih: yang butuh kan kamu, jadi jangan mempersulit tugasnya HR yaa. Sepengalaman saya, waktu itu saya ditelepon pas jam kuliah. Yowes saya izin permisi dulu keluar

Interview dengan HR ini gak seperti interview dengan HR kebanyakan (setidaknya saya sih ngerasa gitu). Kalau bisa dideskripsikan, interview HR ini seperti mengkonfirmasi kemampuanmu dan kecocokanmu bekerja dengan Accenture.

Bukan bikin takut, tapi pertanyaan pertama adalah, "Saya mau confirm ya, jadi univmu apa, jurusanmu apa, dan IPKmu berapa?" jengjengjeng, I kid you not. Langsung ditanya ipeka.......... Ya wajar sih konsultan pasti mau anak intern yang skill nya terjamin, setidaknya divalidasi pakai ipeka.

Setelah itu saya ditanya banyak soal why pengen accenture, ditanya soal saya belajar apa aja dan relevansi nya dengan accenture, dan banyak hal lain yang related dengan kemampuan dan pengalaman yang saya tuangkan di CV.

Jadi, tolong jangan pernah berpikir untuk "bohong" di CV ya. Karena akan terbaca pas interview.
  • Phone Interview dengan Project Team
Dua minggu kemudian saya dikasih pengumuman lagi kalau saya lolos phone interview. Dan bisa proceed ke next step yaitu interview user, dalam hal ini calon supervisor yang adalah seorang senior consultant.

Wah ini deg-degannya setengah idup sih. Hahahahaha karena memang beliaulah yang akan mengukur fitness-mu dengan si project. Udah di tahap ini, pertanyaannya super detil dan technical.

Misal, waktu itu aku mengenai project management. Alamak, sampai harus ngerecall waktu semester lalu belajar apaan aja. So, another tips adalah be careful what you promise them. Once you've promised, you need to really master it.

Kakak kelasku sempat menjanjikan dia bisa information system (tentu saja sebagai anak industri kami belajar IS, tapi ya gak sedalam anak informatika kan jelas banget......). Wah pas interview dengan project team nya, keok lah ditanya segala macam tentang IS dan berujung dia gak diterima magang. Kan sayang banget.... If only dia menjanjikan keilmuan yang memang dia kuasai penuh, pasti deh bisa jawab pertanyaannya.
  • Announcement
Kayanya sekitar sebulan kemudian deh saya dapat pengumuman lolos dan akan dikirim offer letter yang berisi segala detil kerjaan nanti. Offer letter ini nanti akan di ttd dan dikirim balik via email ke HR Accenture. Jadi harus dulu dapat offer letter ya baru bisa bilang officially keterima magang Accenture :)

Begitu deh tahapan seleksinya!
PS: Kalau ada yang mau diskusi, drop komen ajaa. Atau e-mail via google plus (alif.edris@gmail.com) buat kontak yang lebih responsif.

Ketiga. What. Dapat apa sih dengan magang di ACN? A lot.
  1. Eskalasi kemampuan dari 0 jadi 99
  2. Be someone important di meeting bersama Board of Directors
  3. Jadi 'trainer' buat pegawai yang terpaut usia 10-20 tahun
  4. Giving impact
  5. You're taken seriously
  6. You're not an intern, you're a junior analyst!!
  7. Superb work ethics!
Lebih lengkapnya mengenai hal ini pernah saya tulis di blog KP jurusan. Ini linknya https://kpmti2012.wordpress.com/2015/07/09/yuk-kp-di-consulting-groups/

Gak cuma dapat pengalaman, dapat juga kompensasi yang cukup oke lah untuk anak magang ;) Lumayan ga perlu minta uang jajan ke Mama ;)



My ACN Team


Alongside other interns and ACN BoD :)

Sekian!!



Komentar

  1. Halo Alif. Thanks for sharing your experience. Mau nanya dong, proses interviewnya seperti apa, suasana dan budaya kerja di Accenture seperti apa? I really want to know more. Please email me: fahmilihsan@gmail.com Thank you ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ihsan, sori baru balaas.
      Mungkin soal ini kamu bisa drop pertanyaan di alif.edris@gmail.com ajaa. I'll be happy to share anything but confidential matters to you :)

      Hapus
  2. Halo Alif, seru banget nih cerita pengalaman internshipnya
    Mau nanya dong, kalo internship di Conculting Firm itu apa bener harus selagi mereka ada project? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, sori baru balas. Makasih yaa.
      Ini saya jawab sepengetahuan saya aja yaa.
      Betul, cuma pas lagi ada project, itu pun jika projectnya memang butuh intern. Jika jumlah konsultan dirasa sudah cukup, kadang gak nerima intern. Speaking of konsultan besar, pasti mereka ada project, hanya saja kebutuhan intern ini yang kita gak tau. Cuma ini lebih baik direconfirm ke orang konsultan yang dimaksud aja yaaa :)

      Hapus
  3. Ka' intern di acn bisa bisa tim kah ?, apa harus individu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. So far sih kayanya individu yaa, cuma aku juga gatau pasti. Rasanya pas magang disana gak ada yang internnya as a team gituu.

      Hapus
  4. Kak saya menanyakan tentang internship melalui email kakak. Mohon dibaca ya, Kak. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Halo kak alif, saya mengirimkan beberapa pertanyaan lewat email kakak tentang magang di Accenture. Mohon dibalas ya kak, terima kasih

    BalasHapus
  6. kak saya nanya di email nih, tolong dijawab ya kak

    BalasHapus
  7. Halo kak alif, saya mengirimkan email untuk menanyakan tentang Kerja Praktik di Accenture, Mohon dibalas ya, Terimakasih

    BalasHapus
  8. Waktu itu magangnya pas masih ada jadwal kuliah nggak? Yang bikin selama kerja tetep harus ada waktu izin ke kampus? Kalo ada, tanggapan dari kantor seperti apa? Trims.

    BalasHapus
  9. halo kak, aku udah kirim email yaa, mohon dicek. terimakasih!

    BalasHapus
  10. Hai Kak Alif! I am so intrigued by your internship experience di Accenture! Sebagai mahasiswa aktif yang juga tertarik di bidang konsultan, I would like to know more about internship in consulting firm. I am so sorry it seems too late, kalau Kak Alif berkenan apakah boleh untuk contact through email for detailed conversation? Thanks in advance kak! Have a nice day!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Interview Magang di Traveloka