[Must Try] Winter Food in Korea! (Part 1)

Hai !!!
Oke, sebelum memulai menulis, izinkan saya mengucap Alhamdulillahirrabbilalamin dulu akhirnya draft TA kelar :') Meskipun masih menunggu giliran revisi draft final, tapi setidaknya lumayan mengurangi beban-beban sebagai anak yang masih dibiayai orang tua :')

Nah, jadi di postingan kali ini saya bakal review (lebih ke cerita sih ya), kalau lagi liburan winter di Korea, mending beli apa sih?

Sedikit background story. Saya ke Seoul Januari 2015 (udah lama yaa wkwk). Dan disana gak lama, cuma 5 harian, which is sad dan agak rugi bandar. Kalau temen-temen lumayan suka jalan-jalan sendiri, temen-temen akan notice bahwa yang paling mahal itu tiket pesawat, jadi kalau udah susah-susah dapet yang murah dan gak di tempat tujuan lama, rugi cyin :( Okay, nah jadi selama 4 hari itu, agenda kami adalah ya Seoul essentials (untuk itinerary dan cerita perjalanan, akan di post lagi ya later). Seoul essentials tentu saja salah satunya adalah........ makanan!

Oh! Sebelum mulai mereview, ada satu hal yang penting. Di Seoul, Google maps itu sangat... meh :/ Gak bisa diandalkan sama sekali. Waktu itu bener-bener mengandalkan bahasa inggris yang dimana orang Korea juga gak ngerti-ngerti amat dan tentu saja bahasa "monkey" a.k.a pake gesture. Pernah saya pake maps dan alhasil si restoran itu ternyata 2 kilo dari yang ditunjukkin di maps. Nope -___-

Disclaimer: untuk harga saya lupa-lupa inget jadi maafkan ya :(

Okay mari memulai reviewnya!

1. Susu Pisang dan Nasi Kepal di Sevel



Hal pertama yang kami lakukan pas sampe Incheon adalah: cari sarapan. Karena flight kami sampai di Korea like bener-bener pagi. Jadi tujuan pertama kami tak lain dan tak bukan adalah susu pisang Korea yang sangat terkenal dan nasi kepal. Beli di Sevel terdekat, sekalian beli kartu subway. Wah bro, kalau sampe ke Korea gak beli ini, rugi parah! Ini enak banget kacao parah demi Allah ga boong! Ada varian rasa lain yang melon (warna ijo), sama strawberry kalau ga salah. Cuma pisang ini paling luar biasa. Kalau nasi kepalnya sama aja sih kaya yang dijual di Yogya Supermarket, jadi lumayan mengganjal perut. Harga susu nya di 1500-2000 KRW, gimana tempat belinya. Bisa jadi lebih mahal sih sekarang.
Sumber: Detik.com

2. Samgyetang dan Pajon di Tosokchon


Hal kedua yang saya coba siang-siangnya di hari pertama adalah Samgyetang di Restauran Tosokchon. Katanya sih restauran dengan samgyetang terenak se Korea (azek). Samgyetang ini adalah sop ayam herba, jadi sop sehat gitu. Satu porsi Samgyetang isinya satu ayam utuh! Dan orang korea beli satu buat sendiri :( Luar biasa ya padahal langsing-langsing. Harganya 15.000 KRW waktu itu. Di dalem ayamnya udah ada semacam nasi ketan gitu, jadi gaperlu pada pesen nasi lagi ya! Saya waktu itu beli dua porsi buat bertiga, tapi tetep aja ga abis :( Oh satu lagi, katanya samgyetang yang paling mantappp adalah yang ayamnya ayam hitam. Cuma kami gak pesan karena geli aja liatnya :))


Di Tosokchon, kami juga pesan Pajon, atau seafood pancake (btw di Tosokchon, saat itu menunya pake Bahasa Korea.. jadi pastiin tau namanya, atau tau tulisannya ya). Harganya juga 15.000 KRW. Dan pajon ini sama terkenalnya kaya Samgyetang dari restauran Tosokchon.


Kalau di restauran tradisional Korea, pesan makanan sama dengan pesan set lengkap. Jadi udah dapet kimchi sama teh kaya di atas.

Menurut saya, Samgyetang dan Pajon ini enak banget sumpah :( Apalagi di Seoul kan dingin banget. Makan steaming-hot Samgyetang bener-bener menghangatkan hati :' wkwkwk. Dan pajonnya... adalah satu-satunya makanan yang membuat saya mau makan bawang daun segede gaban. Sumpah bawang daun korea enak banget!! Ah pantes aja ya orang Korea cantik-cantik, makanannya sehat banget :')

Untuk cari tau dimana restauran Tosokchon ini agak tricky sih mending nanya :( Deket Gyeobkgung Palace, jadi abis visit Palace, makan aja disini. Super teramat worth it.



Foto: Bagian Depan Restauran Tosokchon

3. Tteokboki - almost anywhere

Ya tentu aja ya ini adalah one of the most famous makanan Korea di Indonesia: Kue beras! Dan kalau kalian dikasih kue beras di Muj**ae aja udah bilang enak, kalian bakal klepek-klepek ngerasain yang beneran asli Korea. ENAK BANGET GAK BOONG DEMI ALLAH!! Dan mau beli dimanapun juga enak :( Kami beli tteokboki sering banget dan gak pernah nemu yang gak enak :(



Tteokboki di atas kami beli di pingir jalan pas lagi perjalanan ke Bukchon Hanok Village. Rasanya anget-anget pedes membakar lidah, which is exactly what you need in a cold weather. Harganya 3000-5000 KRW sih kalau ga salah, bener-bener gimana tempat belinya. Kalau belinya di Myeongdong, ya lebih mahal. Kalau kalian beli hot cake nya korea kaya gini, minta juga aja kuah ikannya (yang ada di gelas). Itu gratis kok dan bahkan cup nya udah disediain, tinggal nyodorin aja dan nanti dikasih. Kalau malu, tungguin aja orang Korea ada yang beli, nanti tinggal ikutan wkwk.

4. Budae-jigae




Budae-jigae itu kalo dideskripsikan kaya mie kuah dicampur-campur. Campurannya dan jenis kuahnya mesen sendiri mau apa. Sayang banget lupa nama restaurannya :( Dan dicari-cari agak susah nemunya di internet padahal restauran ini suka masuk TV kalau lihat foto-fotonya. Btw, biasanya orang-orang disini makan Budae-jigae pake coke untuk minumnya. Kenapa? Karena hampir di semua restauran di Korea, air putih itu free :)))) Jadi pada minum yang 'menambahrasa'

Harga yang keluarpun gimana pesennya. Berikut menunya.



Rasanya tuh kaya mie tektek tapi campurannya aneh-aneh jadi enak :( Cuma mungkin karena saya bela-belain makan ini, jadi malah gak nyobain yang lebih menggoda kaya Korean BBQ atau seafood bakar :( Nah, buat orang yang suka mie kaya saya, ini sih worth it. Cuma kalau waktu kalian mepet, cobain Korean BBQ aja dulu kali ya sama seafood bakar yang harganya selangit itu :''')



Lanjut ke Part dua ya :) Klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup (Living Cost) Kuliah di Groningen, Belanda

[Cerita] Interview Magang di Traveloka

[Cerita] Magang di Accenture Indonesia yuk!